Iklan

11 Karakteristik Manajemen Sekolah

Posted by Aris Hidayat on Rabu, 12 Februari 2014

11 Karakteristik Manajemen Sekolah terkait pendidikan diantanya sebagai berikut :
1.  Perencanaan dan pengembangan sekolah
Perancanaan merupakan dasar bagi fungsi menejemen lain
Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah, dan panjang
Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama

2.  Iklim dan budaya sekolah
Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain
3.  Harapan yang tinggi untuk berprestasi
Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa
Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi
Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan 
4.  Pemantauan terhadap kemajuan siswa
Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram
Pemberian balikan yang segera kepada siswa 
5.  Kepemimpinan kepala sekolah
Sejauh mana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih dan didelegasikan oleh kepala sekolah
Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting
Pendekatan kepemimpinan parsipatif 
6.  Pengembangan guru dan staf
Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
Perlu adanya program pengembangan guru dan staf
7.  Penguatan kapasitas siswa
Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa 
Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar 
8.  Keterlibatan orang tua dan masyarakat
Keterlibatan orang tua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
Kerjasama orang tua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka 
9.  Keterlibatan dan tanggung jawab siswa
Pembelajaran hanya mungkin terjadi bila mana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri 
10.  Penghargaan dan insentif
Pemberian penghargaan jauh lebih pernting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan dalam beberapa hal mengubah perilaku siswa 
11.  Tata tertib dan kedisiplinan
Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
Dukungan yang diberikan kepada guru bilaman mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah

Previous
« Prev Post

Related Posts

Februari 12, 2014

0 komentar:

Posting Komentar