Iklan

Quantum Teaching

Posted by Aris Hidayat on Jumat, 17 Januari 2014

Dalam Ilmu Pendidikan Quantum Teaching merupakan konsep yang diturunkan dari Quantum Learning yang mempunyai motto membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Quantum Teaching sebuah strategi untuk mempraktekkan Quantum Learning di ruang-ruang kelas, berusaha memberikan kiat-kiat,petunjuk, dan seluruh proses dapat menghemat waktu, mempertajam pemahaman dan daya ingat, membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan demikian quantum teaching berarti menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur-unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas.

Pengertian Quantum Teaching
Adapun pengertian quantum teaching menurut Bobby De Porter : Quantum Teaching adalah konsep yang menguraikan cara-cara baru dalam memudahkan proses belajar mengajar, lewat memadukan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah, apapun mata pelajaran yang diajarkan.

Quantum teaching menjadikan segala sesuatu berarti dalam proses belajar mengajar, setiap kata, pikiran, tindakan asosiasi dan sampai sejauh mana mengubah lingkungan, presentasi dan rancangan pengajaran.

Sebagai ungkapan diatas, Colin Rose juga berpendapat bahwa quantum teaching adalah panduan praktis dalam mengajar yang berusaha mengakomodir setiap bakat siswa atau dapat menjangkau setiap siswa. Metode ini sarat menimbukan antusiasme siswa.

Quatum teaching menjadikan ruang-ruang kelas ibarat sebuah konser musik yang memadukan berbagai instrumen sehingga tercipta komposisi yang menggerakkan dari keberagaman tersebut. Sebagai guru yang akan mempengaruhi kehidupan murid, anda seolah-olah memimpin konser saat berada diruang kelas.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 17, 2014

0 komentar:

Posting Komentar