Iklan

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendidik Anak

Posted by Aris Hidayat on Kamis, 20 Februari 2014

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendidik Anak terkait dengan pendidikan dalam Tips Mendidik, mendidik anak tidak boleh sembarangan karena akan berdampak pada kepribadian dan pola pikir anak tersebut dibawah ini ada 5 hal yang perlu diperharikan dalam mendidik anak diataranya :
1. Dapat menjadi teladan, orang tua dapat memberikan contoh teladan yang baik kepada anak-anaknya, jangan diharapkan akan dapat membimbing putra putrinya kearah kebaikan yang diinginkannya, semua perbuatan orang tua pasti akan ditiru oleh anak-anaknya, untuk itu sudah sepantasnya kita sebagao orang tua selalu berbuat baik.

2. Pembentukan tingkah laku pembiasaan sejak anak masih kecil, membiasakan sesuatu amal dan tingkah laku perbuatan itulah yang menjadi perhatian para pendidik termasuk orang tua. Sejak kecil anak-anak hendaklah dibentuk menuju pola tertentu dengan mempraktekkan anal perbuatan yang menjadikan anak tumbuh berkembang menjadi anak yang baik.

3. Wibawa Orang tua, orang tua yang tidak mempunyai kewibawaan dihapadan anak-anaknya, nasehatnya tidak anak didengarkan, kata-katanya tidak akan didengarkan, dan perintahnya tidak akan dikerjakan. Bilamana seorang ibu tidak memiliki wibawa lagi terhadap sang anak, maka kemungkinan besar nasehatnya diabaikan. Dengan demikian sangat besat pengaruh wibawa orang tua dihadapan anaknya.

4. Bijaksana dan pandai mendidik, mendidik adalah suatu seni juga, sehingga perlu adanya sifat kebijaksanaan didalamnya. Dalam mendidik dan membimbing janganlah orang tua bersifat kaku dan keras kepala meskipun berprinsip. Banyak metode atau cara yang dapat ditempuh untuk mendidik anak agar menjadi baik.

5. Tidak pilih kasih, sikap orang tua yang jelas berat sebelah akan mengakibatkan perasaan sedih dan dendam atau mengundang permusuhan antara anak yang satu dengan anak yang lain. Sehingga antara sesama saudara mungkin cekcok dan tidak rukun, sebagai orang tua hendaknya selalu berusaha berbuat adil, sesuai dengan kebutuhan anak masing-masing.

Newest
You are reading the newest post

Related Posts

Februari 20, 2014

2 komentar: